24 October, 2007

Cerita mudik and libur lebaran (part 1)

hallu hallu semua..pa kabar?
skali lagi, kami mengucapkan, Minal Aidin Walfaidzin, mohon maaf lahir & batin. Selamat hari raya IDUL FITRI 1428H.
Yang dah gak sabaran ama cerita mudik kita *halahg*..sok deh disimak baik-baik....yyukkkkk

Mama rayga & bapake mulei libur tanggal 10 October (rabu) jadi tanggal 10 abis slese Sahur mama rayga baru mule packing. Sebelumnya baju2 rayga yang mau dibawa dah dipisahin dari hari minggu-nya. Setelah semua baju dah siap ditata di dalem tas, baru deh bapake masuk2in ke dalem tas. Untuk urusan masuk2in baju ke dalem travelling bag emang bapake jagonya. Dia juga skaligus mensortir baju2 yang kira2 harus di bawa or enggak karena mnurut dia aku bawa baju kebanyakan banget mengingat disono juga kan kita bisa nyuci&nyetrika baju. Biasa, emak emak mah kan kalo pergi2 pengennya semua isi lemari dibawa.."betul tidak" *gaya Aa Gym* :D
Oh ya, kami mudik brangkat pake Bis provided by kantor bapake *mudik bersama* tapi gak gratis kok, tetep bayar and menurutku sih lumayan mahal untuk itungan pake bis. Rabu pagi ke bidan deket rumah dulu soale rayganya batuk:( Rabu siangnya, aku & bapake ke rumah papa buat naruh tas gede abis itu blanja camilan buat keperluan perjalanan Beres aku & rayga tidur siang, kami berkemas buat brangkat ke rumah papaku karena mau pamitan2 dulu abis itu lanjut start dari MILL nya bapake.
Start dari karawang jam setengah 8-an malem kurang dikit. Alhamdulillah perjalanan lancar, cuman macet dikit di Cirebon, kota nya Jengk Truly & Ceu Mona, pas brangkat juga aku sempet sms-an ama Ceu Vina yang katanya baru landing dari KL & mau menuju Cilegon. Akhirnya setelah mampir bentar di peristirahatan di Brebes, jam 5-an pagi, kita sampe juga dikota Purwokerto, kota tempat uyutnya Ais bermukim. Dilanjut TAXI, 25-an menit kemudian kita sampe di kota kelahiran Jenderal Besar Mbah Soedirman. Hawa nya dingin banget, jauh ama Karawang. Total perjalanan Karawang - Purbalingga itu 10jam. Lumayan lah aku compare ama pak De nya rayga *kakak bapake* dia start dari Pintu tol taman mini sampe Purbalingga 19 jam, and bu De nya Rayga *brangkat darit tol Krawang Timur tanggal 12 oct jam 2 malam* yang total perjalanan 16 jam. Pyuhh..bener2 kita beruntung kita hanya kena macet "hanya" 2-jam. Di purbalingga hawanya enak dingin jadi bawaannya pengen tidur terus, apalagi rayga yang jam 7malem dah ngajak tidur mulu, belum lagi siang dia slalu tidur pules, yah mau gak mau aku ikutan tidur dwong dengan alasan nemenin rayga xixi..Tapi aku juga harus jadi mantu & istri ideal, tiap pagi aku nyuci *manual* baju2 kita ber-3 dan jangan tanya cucian piring yang berkesudahan maklum banyak orang & gak ada pembantu. Aku sebetulnya agak complain ke bapake, males, gak mau ngerjain kerjaan rumah tangga maklum liburan kan orang maunya enak tinggal makan tidur ketambahan harus ngerjain urusan domestik, huegghh..akhirnya slama 6 hari kita disono, cuci baju gantian, nyetrika sih kadang aku nyetrika kadang disetrikain ama mbak tukang setrikanya Mbah. Hihi..sok deh klo mau bilang aku pemalas emang bener sih.

Hari-hari kami slain jalan-jalan keliling purbalingga dan sowan ke rumah para saudara diskitar situ, kami juga ngebiarin rayga sepuas-puasnya mengenal alam. Dia main di kolam *empang* beneran yang gede, ngasih makan ikan sepuasnya, kecupakan di empang, jalan-jalan di tegalan sawah, main di aliran irigasi, main di sungai, liat sowang *angsa*, ayam, bebek, itik, sapi kambing and sgala macam jenis hewan dari deket. Apalagi sama sowang dia sok sok berani giliran sowangnya mau nyosor, dia kabur xixi..Sama sapi & kerbau juga gitu..pengen liat sapi tapi giliran sapi dideketin and kluar suara *MOOOOO* dia takut. Pas main di aliran irigasi samping tegalan sawah dia tau-tau pengen pipis and buka celana sendiri, yah jelas lah celananya palid *kebawa aliran air, jadi bapake ngejar2 celana rayga*, dia juga pipis di aliran irigasi. Yang paling aku khawatir itu dia slalu pengen main ke belakang rumah mbah kan kebetulan ada kolam juga slain kolam di tempat lain, aku ngeri dia kecebur abis gak suka dipegangin. Suasanya bener2 ngingatin masa kecil aku di bogor deh. Apalagi denger suara2 gesekan bambu dari kebun bambu, semilir angin dari pohon-pohon, ditambah hawa yang dingin..enak bener deh. Cuman aku juga kangen sih suasana keramaian mall gitu makanya kalo malem kita sempetin ke kota nya yang jaraknya skitar 10menitan dari rumah mbah. Buat aku sendiri, aku ngerasain relax aja, liburan, liat suasana ijo-ijo tanaman, penyegaran mata.
Mbah uti & mbah kakung pada lebaran tanggal 12 October sementara anak, mantu & cucu-cucu pada lebaran tanggal 13 October. Hari Lebaran pertama kami sungkem sama mbah kakung & mbah uti, abis itu dilanjut keliling ke rumah sodara2. Kakak tertua suami dari Purwokerto juga dateng bikin rumah tambah ramai. Rayga sih anteng aja banyak temennya. Total ada 4 keluarga yang ditampung di rumah mbah uti kebayang dwong cucian piring yang gak pernah berenti. Disana juga gak bikin opor ayam atau sayur ketupat jadi makan ketupatnya garing aja, sepertinya bukan tradisi nya kali. Giliran hari lebaran ke 3 bikin opor eeh ketupatnya abis..CYAPE deh.
Hari lebaran ke-2, kalo di bogor biasanya aku & kel. pada ziarah, aku juga bingung kok di keluarga suami gak ada acara ziarah bareng yah, entahlah mungkin beda kali ama di bogor. Malah klo di krawang aja ziarah nya hari lebaran ke-1. Karena gak ada acara keluarga special jadi hari lebaran ke -2 aku, bapake & rayga main ke kebun srawberry di daerah purbalingga atas. Tempatnya enak adem, emang perjuangan juga kesono jalannya nanjak & berliku juga kecil. Dah sms-an and telpon2an ama Neli buat janjian ketemu di kebun tobeli tapi kita keburu pulang and giliran kita dah sampe Purbalingga kota, neli baru sampe kebun tobeli. Di arah jalan mau ke kebun tobeli, kita mampir dulu di rumah bu de Rayga. Rayga lumayan seneng main di kebun tobeli walo kadang masih sedikit batuk. Pinter banget milih stroberi yang merah and nyari2 yang merah gitu, dia dah tau mana yang bisa dipetik mana yang jangan dipetik. Sayangnya stok tobeli yang bisa dipetik dikit banget giliran ada yang merah gede pas mau dipetik taunya busuk di pohon, and giliran ada yang bisa dipetik kurang merah banget..yah..sayang bener deh. Waktu aku ngedumel karena stroberinya dikit banget, kata bapake "lagian cuman 7500perak what do you expect sih, kalo 7500 bisa metik yang bagus2 sepuasnya ntar dia jual stroberi kiloan gak laku dwong'' hihi..iya juga sih. Sebenernya banyak di daerah situ kebun stroberi lain di luar kawasan wisata petik sepuasnya yang stroberinya banyak & ranum2 bener cuman itu kebun milik pribadi. Pulangnya kita malah lupa beli stroberi kiloan karena keburu2 juga soale rayga dah mule rewel and batuk.

Tanggal 15nya (hari senin), kami dikunjungin oleh Mas Tomo & keluarga. Mas Tomo ini temen deketnya bapake pas kuliah aka kakak kelas ku juga pas kuliah. Dia juga sama2 asli purbalingga kayak bapake. Emang mas tomo kerja di jkt sih cuman kita juga dah lama belum ketemu dia dari zaman dia nikah taun 2005 sblm aku lahiran rayga. Istrinya mas tomo baik banget kita langsung akrab ngobrol ngalor ngidur dari ujung ke ujung sampe buntut2 nya niat mau bisnis bareng asik asik, kebetulan dia resign setelah melahirkan jadi dia juga pengen usaha ndiri. Anak cewek nya namanya Zsasa baru 1.5 taun, bolak balik bangunin rayga di kamar sambil manggil2 Aa, Aa, tapi rayga nya mah pules wae tidur setelah aku bangunin berkali2 kali akhirnya rayga bangun juga and kaget liat aku lagi gendong anak cewek cantik xixi..Abis itu rayga main ama Zsasa while kita emak2 pada ngobrol sambil ngawasin anak masing2 yang ngacak2 kue suguhan xixi...Bapake & mas tomo juga ngobrol asik bener tuh maklum sobat kental dari dulu temen hina-hinaan, temen gokil and jalan bareng skr sama2 dah punya buntut *sop buntut kaleee*. Setelah puas ngobrol ngalor ngidul mas tomo & keluarga pulang. Seneeeng banget rasa nya hari itu kita bisa ketemu temen lama.

Cerita kopdar with Ais
Tanggal 16 ( hari selasa), aku & neli sms-an and telpon2an lagi akhirnya sepakat kita ketemuan di depan mesjid Agung Purbalingga yang ada di depan alun2 purbalingga.
ceritanya menyusul yah...*biar penasaran*

ps : *thanks bundazka buat dasternya*

Labels:

24 Comments:

At 12:15 PM , Blogger salma said...

Rayga jadi tau kan unggas dan temen²nya..
Kok takut sama 'moooo', itu kan yg bikin Ega pinter n sehat lho.

Waduh, pipis di saluran irigasi ya?, taneman padinya pada mabok dong hihihi

 
At 12:19 PM , Blogger Mom of Calysta 'n Clarissa said...

Seru ya Mut acara mudik lo..pake bersambung segala lg ceritanya... Adem ya liat sawah hejo2x gt..trus main air yg pastinya dingin banget..

Mut, lo aturan mudik bawa asisten, jd pan gak mesti cuci2x ndiri..xixixi..

 
At 12:48 PM , Blogger Unknown said...

Memang daerah Purbalingga sejuk ya..Senang bs merayakan lebaran sm keluarga suami, Mutia mantu yg rajin bantu cuci piring juga..

Iya kapan kesini nanti main ke rumah Anne Frank?

 
At 1:24 PM , Blogger Greiche Gege said...

Hiks hiks..enaknyaaa yg mudik..
bener deh, kangen mudik pas lebaran.. dah 3 taun gak mudik lebaran.. abis gimana, lebaran sabtu minggu selasanya kampus dah buka..kejam gak sih?

duh adem yah mut purwokerto? kek malang gak yaa? mestinya kek malang soalnya stroberi *idola gw* bisa numbuh juga kan?

Abis mudik Rayga sehat2 aja kan say?

 
At 1:26 PM , Anonymous Anonymous said...

Rayga asik bener yah main dialam terbuka sambil liat binatang langsung.....

Apalagi kekebon tobeli....secara kesukaan najwa dan aku tobeli...

Rayga dah sembuh batuknya? ;)

 
At 2:07 PM , Blogger Diah Alsa said...

duuhh senengnya yg mudik.. banyak critanya pulaa... Rayga seneng bangett yaa mainnya, banyak angsa, ayam disawah.. mmooo jg ada yaa Ega.

cuiittt cuiitt metik tobeli yaa Ega?? koq gk ngajak kk diah?? :D

eheemm.. ehemmm..ada yg ktmuan rupanya ma Ais...^^

 
At 3:01 PM , Blogger Inayah said...

duh muty....bacanya lansung kabayang cikaret euy, anak-anak suka bener ka sawah sama eyangnya....
sabar akh....37 hari lagi nih, ieu keur ngitung hari terus yeuh ty...

btw, oleh-olehna disimpen wae buat saya mudik ntar ya ty...:))

 
At 3:27 PM , Blogger Mom-Aryaka said...

Wah ceritanya seru ya mba Mut, bener klo mau ngenalin anak2 ttg alam kita ajak aja ke sawah, kali, dll gratis kan plus puasss bisa bermain bareng ortunya trus breifing sendiri ddwehh gratis pula

 
At 4:11 PM , Blogger Nia said...

Asik bener Ega bs maen ke sawah. Kpn2 ajak tante mudik ya Ega secara dah lama ga maen ke sawah xixixi.

 
At 9:27 PM , Blogger M. Raul Yasin Widjayabrata said...

seru banget siyyy liburannya...
pake ngebis segala

 
At 7:04 AM , Blogger Ryuta Ando said...

Suasana kampungnya masih enak banget ya, seger.

Rayga happy banget tuh keliatannya, bisa main disawah and main sama pasukan unggas..xixixi

 
At 8:28 AM , Blogger Nita Fernando said...

Wuih mut, suasana nya masih asri banged ya? ada sawah, ada sapi, ada pohon bambu, wuiiihhh ... knp lu ga poto2 ala pre wedding gituh? hehehe .... ngiri deh, pengen juga ke tempat yg ada sawahnya gitu ...

Cucian piring yg ga berhenti? hehehe ... itung2 olahraga mut, diet alami ;))

Rayga makin gembul ya, seneng deh liatnya :-)

 
At 9:31 AM , Blogger Dyah Astiek said...

asyiknya mudik...rayga ganteng n chubby ya..nggemesin..kamu jg mut nggemesin :p

untung dapet org jawa ya mut jd bs ngerasain mudik...mong ngomong kok acel blm ketimpuk oleh2 dr rayga niy :P

 
At 9:36 AM , Blogger Yosie said...

Klo di dpn mertoku mah kudu2 rajin2 mut biar tambah disayang hehehe.. mana nih foto ngedate bareng ais..?

 
At 9:40 AM , Blogger bundAzkaFaqih said...

wahhh bnr2 seru tuh liburan lbarannyaaa....mau jg dong ngajakin azka ketempat ituuuuu.......

 
At 9:44 AM , Blogger Toko Fiara said...

padahal bobotsari udah deket ya dr alun2?.. coba ke rumah Mbah Ega aja ya pan bisa nyelup di irigasi hihihi...
Mut, mending bayar orang buat nyuci & setrika kalo pas lagi lebaran kayak di rumah Eyang gw jd kita enak bisa tetep jalan2 huehehe...

 
At 10:33 AM , Blogger El van said...

udara dingin plus suasana pedesaan banged ya mut, asik ya jadi pengen ikutan mudik ke purbalingga nih, taon depan ikut ah =D ntar klo mo beli tobeli titip ke aku aja ntar aku beliin dipasar..xixi. Zsasa sama ndutnya ya keik Ega..

 
At 12:57 PM , Blogger isma said...

gimana mut, abis kerja rodi pas liburan, BB jd turun gak? hehe...

 
At 1:09 PM , Anonymous Anonymous said...

Asikk ngeliat maen di sawah nya ...sayang kemaren anak2 ku ga sempet maen ke sawah ... bunda nya ga' kuat genjot sepeda sampe sawah hihihihi :)

salam ya buat rayga :)

 
At 1:12 PM , Blogger Tety Kurniati said...

Wah ega seru bgt ya mudiknya, palagi main di saluran irigasi, tapi eits kok pipis di sana xi....xi....

 
At 3:40 AM , Blogger Vie said...

Untung aja Mut, gayung ama wajan gak dipacking ya. Emang emak-emak gitu sih.

Enak dong, Rayga banyak nambah pengalaman, bisa kenal banyak ama hewan didesa. Kena suasana desa emang bisa menenangkan. Mungkin karena kita dah jengah dgn hiruk pikuk kota.

Siiiplah Mut, giliran kita ya kapan bisa kopdaran.

 
At 12:59 PM , Blogger Anisa said...

liburan dan mudik yang menyenangkan. Bisa main sepuasnya (kecuali mamanya kali ya...).
Ngelihat kebun strowberry jadi kepingin pergi lagi...metik sendiri.

 
At 2:38 PM , Blogger Theresia Maria said...

Sempetnya reunian sambil ngomongin bisnis hehehe....

Ega cemburu gak nih mama deket2 ama anak cewe.

 
At 1:50 PM , Anonymous Download Ebook Gratis | cara-blog | kumpulan bisnis online said...

thanks bro for this information, visit back to download ebook gratis, please =p

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home