14 June, 2006

FLAHS BACK aaah..


Kalo inget hari ini satu taun yang lalu..waduh...syerem bo..syerem tapi bahagia. Oke deh kalo gitu
mari kita liat apa yang terjadi hari ini satu tahun yang lalu

14 June jam 10.00 am

lagi ngerapiin baju-baju bayi and perut udah mulai mules terus, kontraksi serig banget.
Aku tepuk-tepuk rayga di dalem perut bilang : "De, kalau mau keluar, ntar sore aja yah nunggu papa pulang kantor " terus anteng deh tuh rayga bobok lagi di dalem perut


14 June jam 4.00 pm
di depan computer lagi buka2 file-file lama aja, si Juju (pembantu lama) lagi nonton tv...taunya kayak ngompol gitu, terus bilang : "ju, kayaknya ibu dah mau lahiran nih, udah ngompol" terus ke kamar mandi deh, ternyata dah ada lendir darah gitu, langsung telpun mas sapto (my hubby) and then he said " iya tunggu bentar lagi nyampe"

14 June jam 4.30 pm.

ke rumah sakit dewi sri karawang udah bawa tas gede travelling bag 1 gembol, 1 isinya
peralatan bayi, 1 lagi peralatan diriku (dibawa juju) ..lanjut terus di rumah sakit di tes bukaan berapa ternyata baru bukaan satu, aku males ah pulang lagi mending tidur aja di R.S ya wis lah, kita masuk kamar.

14 June jam 5.30 pm - malem nya
mamah dateng ke RS tapi aku & mas sapto nyuruh balik lagi aja kasian abis masih lama sih kata bidannya. Lanjut terus kubek-kubekan di RS, keluar bentar nyari makan, terus balik lagi deh di RS. Kepala udah mulai nyut-nyutan gak tau kenapa kok tiba-tiba sakit banget kepala.setelah di tensi ternyata 150 lha..kok jadi tiba-tiba darting gini sih..tegang kali yah.
Malem gak bisa tidur soalnya pusing banget. Sebelum tidur, keluarga mbak wiwin (kakak ipar gw) dateng ke rumah sakit buat nengokin aja. Mbak wiwin ini orang nya baik, mungkin karena dia kakaknya mas sapto langsung (persis diatas mas sapto), walopun dia orangnya fanatik banget and pake cadar pula jilbabnya tapi dia ramah & masih bergaul ama lingkungannya. Salut deh..(lha kok ngelantur)

15 June
Jalan-jalan aja di sekitar rumah sakit berdua ama mas sapto, juju aku suruh di rumah papa aja biar bisa bantu-bantu and beres-beres kamar ku (yang dulu aku tempatin sebelum tinggal ama suami. Bukaan belum nambah-nambah juga baru bukaan 1 longgar katanya..ih sebel..terus dikasih obat minum juga buat darah tinggi nya.
Siang kepala tambah pusing and mulai nih..jreng..jreng jam 2.30 sore, ada bidan masuk ke kamar katanya : "Bu, kata dokter Kukung, suruh di induksi aja soalnya udah 1 hari 1 malem bukaannya belum nambah juga" ya wis lah pasrah mawon..so..jadi deh di infus and di infusannya disuntikin obat and..mules..menjadi-jadi dari mulai jam 4.30 sore. Aku bilang ke mas sapto " mas, cepet telpon papa suruh kesini sekarang " ya wis lah...datanglan segerombolan orang-orang dari lingkungan KAUM 2 Karawang : kembar (ira,ari), mama, papa, bi dedeh, juju, nonton gw yang lagi berjuang hidup mati. Sampe jam 7 malem, bukaan terus nambah dengan susah payah sedikit demi sedikit
tapi lumayan lah, dibantu istigfar & asma Alloh, aku terus nahan mules sampe teriak-teriak & atur nafas dibimbing oleh mas sapto. Dokter nyuruh masangin oksigen ke hidung ku soalnya kondisi ku udah payah banget tuh. Bukaan 10 tercapai jam 9.30 melem but apa daya..bayinya katanya belun turun-turun juga padahal aku dah sekuat tenaga ngeden ampe mau meledak kayaknya. dokternya ngomong : " Bu, kalo sampe jam 11 belun turun juga dioperasi aja yah" aku bilang " emang gak ada jalan lain dok" trus kata dokternya " udah kelamaan banget bu, air ketubannya dah abis bayi masih jauh" mas sapto juga say ok deh operasi aja, so..langsung deh, disiapkan berkas-berkas
and mas sapto tandatangan, aku jg harus tanda tangan juga aneh deh, orang mules kok disuruh tanda tangan juga kan cukup suami aja harusnya sih.sebel jadinya

eng ing eng...badan gw diangkat-angakat, di dorong-dorong, and dengan ciuman suami & papa&mama aku digiring ke ruang operasi, tapi sambil terus ngeden karena kok bawaannya mau ngeden mulu yah. di ruang operasi jam 11 malem lewat mulai deh kedengeran suara tring,tring, suntik sana sini,pasang ini itu dll dll
yang kayaknya gw udah pasrah aja kalo emang ini jalannya kayak gini & kalo operasinya gak berhasil aku udah pasrah aja deh..desperado abis deh. aku masih denger suara-suara para perawat, dokter dll sampe aku gak sadar, and aku baru terjaga setelah ngedenger suara tangisan kenceeeeeng banget..antara sadar & enggak aku ngucap syukur alhamdulillah karena rayga dah lahir hari rabu 15 June 2005 jam 11.50 malam, nangisnya gak ketulungan kencengnya ampe gw yang lagi teler karena dibius bisa ngedenger suaranya and abis itu gw ditepuk-tepuk kakinya oleh bidan yang ngebantuin dokter " bu anaknay udah lahir, laki-laki"
gw dah tau itu laki-laki sih but setelah gw liat Subhanalloh...bahagianya diriku akhirnya bisa juga jadi ibu, melahirkan anak ku sendiri, walo enggak dengan proses normal, tapi aku bersyukur masih bisa diberi keselamatan oleh Alloh, and dalam hati aku juga bersyukur karena pas lahir rayga putih banget keliatannya. Mungkin efek lampu kamar operasi kali yee jadi mantul gitu..hehe..gak sia-sia deh minun kelapa ijo tiap hari.

Mengeluarkan bayi selesai sekarang dokter lagi siap-siap ngerapiin perut gw, gw ngerasa perut gw ketarik-tarik and ke betot betot and lagi uyak uyek gitu si dokter nya ngomong : "wah, bu, ini ada kista di ovarium nya gede banget, panggil yah ibu bapak nya tanyain dibuang jangan, pantes aja bayinya gak turun-turun yah ketutupan ini kali jalan lahirnya" ya wis lah gw bilang " ya udah lah dok, buang aja,
mumpung sekalian operasi" kata gw "tapi tolong dianalisis ya dok,ini kista atau apa, nanti hasil Patologi analis nya saya liat" gile..dalam keadaaan setengah sadar karena faktor bius gw masih bisa request gitu ke dokter..amazing banget yah..
oks deh, dokternya motong ovarium kanan gw and walhasil dengan segala keikhlasan gw
keilangan ovarium kanan gw. Si dokternya nunjukin ovarium gw itu yang udah di potong
gilee..bo..gede banget..segede bola tenis ada kali..warnanya coklat keiteman gitu..yakkss.. normalnya kan katanya 4 centi..bener gak sih..
Ok..lah lanjut lagi..sambil si dokter ngejait perut gw..gw ngomong aja kalo taun 2004 juga gw pernah operasi kista di payudara jadi emang gw udah bakat kista kali yah..turunan dari almarhumah mama (ibu kandung gw). Opearasi selesai and gw didorong keluar untuk masuk ke ruang observasi dimana papa & mama sudah menunggu disusul sama mas sapto yang udah selesai ngeazanin rayga...
Seperti biasa selesai kita dioperasi pasti muntah, sama deh kayak dulu gw dioperasi kista di payudara juga gw muntah, abis cecar juga gw muntah, bedanya dulu operasi payudara gw puasa dulu jadi muntah nya cuman lendir-lendir doang, tapi cecar ini karena operasinya gak direncanain so gw gak puasa dulu dong walhasil muntah gw ya..semua isi perut gw deh yang dari pagi sampe sore gw makan
iyaks..

Now..udah beres semuanya gw didorog lagi balik ke kamar gw digotong sana sini akhirnya gw bisa dapet posisi yang enak juga ditempat tidur walo perut ini rasanya tebeeelll & sakiitt banget...Gw berusaha untuk tidur & istirahat karena lelah banget (tapi kok susah yah) and mas sapto sholat isya jam 1-an malem lewat gitu deh..dia terus telpon ke mertua ku alias bonyok nya dia di purbalingga mengabari kalau aku dah melahirkan...terus dia telpon juga ke mbak wiwin...Abis itu dia nangis meluk& cium aku (sensor aaah)mungkin terharu kali yah ....Nyadar deh dia kalo jadi ibu itu bener-bener susye..bo..harus bertarung hidup mati..

16 June pagi-pagi...

Rayga dibawa ke kamar ku and aku dengan sangat amaze ngeliat makhluk kecil ini, makhluk yang dulu hidup 40 minggu di dalem perut ku, yang sering aku dengerin lagu-lagu klasik & ayat-ayat Al-Qur'an pake diskman, yang bikin aku penasaran pengen tau nanti mirip ama siapa yah..yang sering banget nendang-nendang perutku...bahagianya tak terkira...my goodness, gw dah jadi mommy...Terima kasih ya Alloh

Ini foto-foto yang diambil tanggal 16 June 2005 skitar jam 6 pagi



RAYGA

11 Comments:

At 7:10 PM , Blogger El van said...

hello rayga...hepi 1st besdey ya cayank, moga tambah cute, pinter, sholeh, lucu, pokonya wishing all d best for u deh!!!

sori ya kecepetan...wanna be the 1st yg ngucapin soale!!! tkt kduluan mama kamu!

dari
piyey

 
At 12:08 PM , Blogger Mama Firza said...

Happy b'day Rayga... somoga menjadi anak yang sholeh n berguna bagi agama, nusa dan bangsa trus.. trus.. bisa membanggakan kedua orang tua *amin*

 
At 4:55 PM , Blogger Keira Adzra Athayya said...

Happy B'day Rayga....
moga jadi anak yg sholeh...:)

wuih sama ama gw dunk, 3 hari mulesnya & bukaan 1 mulu ditambah ketuban pecah akhirnya cessarrr... klo gw emang mulut rahimnya kebalik/kebelakang tapi gw-nya pengen normal xixixi...

 
At 1:07 PM , Blogger Bundanya Anne said...

hepi belsdey yah rayga...moga2 apa yang mama sama papa harapkan bisa terwujud...amin..
kuenya kirim2 yah ;D

 
At 9:18 AM , Blogger M. Raul Yasin Widjayabrata said...

selamat ultah baby ray...eit udah engga baby lagi doonnggg....kan udah setaon...

suama donk mba aku juga cesarr, sampe sekarang kesel ama dokter...aku udah ngerasain mules tapi kok dics juga...

 
At 9:20 AM , Blogger M. Raul Yasin Widjayabrata said...

selamat ultah baby ray...eh udah gak baby lagi ya? udah setaon...

suama donk aku juga cesar, sebel deh ama si dokter,udah ngerasain mules tapi kok tetep di cs ya?

 
At 12:51 PM , Blogger long time no see said...

eh, kok SMA sama, proses kelahiran bisa sama yah? cuma bedanya gue induksi dari jam 8 pagi sampe jam 9 malem, dan Auliya keluar jam 10.17 malem... Bedanya ampir 2 bulanan pun...

 
At 12:53 PM , Blogger long time no see said...

eh, SMA sama, kok proses lahiran bisa sama juga yah? Bedanya gue induksi dari jam 8 pagi sampe jam 9 malem, dan Auliya lahir jam 10.17 malem... udah bukaan 9 gak mau buka lagi... cuma ketuban sih gak abis, udah kuning kehijauan, jadi gak "ditunggu lama" juga... hehehe

 
At 1:50 PM , Anonymous Anonymous said...

Happy birthday ya Rayga sayang.. Semoga panjang umur, cepat gede, tambah pintar jadi kebanggaan kedua orang tuanya.

Sorry ya kalo bunda Fia telat ngucapinnya. Abis baru kenal sih..

 
At 1:51 PM , Anonymous Anonymous said...

Happy birthday ya Rayga sayang. Panjang umur, tambah pintar, jadi kebanggaan kedua orang tuanya.

Sorry telat ngucapinnya, abis baru kenal sih..

 
At 3:01 PM , Blogger Unknown said...

klo boleh tau dokter spesialis kndunganya siapa ya?

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home